22 Februari 2023

Bengkulu- Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bengkulu (UNIB) beserta Wakil Dekan Bidang Akademik, Sumber Daya, dan Kemahasiswaan mengadakan Rapat “Sosialisasi Kebijakan RBA 2024 dan Penyelarasan RBA 2023”. Rapat ini dihadiri oleh seluruh Ketua Jurusan (Kajur), Ketua Program Studi (Ka Prodi), dan Sekretaris Jurusan (Sekjur) maupun Sekretaris Program Studi (Sek Prodi) selingkung FEB UNIB, Rabu (22/02) di Ruang Rapat Pimpinan Dekanat FEB UNIB.

Dekan FEB UNIB, Dr. M. Armelly, SE., M.Si saat membuka rapat RBA, kemarin (22/02). (foto by Hms_W)

Rapat terkait RBA ini bertujuan untuk membahas berbagai macam issue yang ada di lingkungan FEB UNIB, baik dari proses belajar mengajar, namun fokus rapt kali ini ke fasilitas yang mendukung terciptanya proses pembelajaran yang kondusif dan maksimal. Rapat yang dipimpin langsung oleh Dekan FEB UNIB, Dr. M. Armelly, SE., M.Si berlangsung dengan khidmat, dimulai dari jam sehabis makan siang hingga menjelang jam 16:00 Wib.

Tampak dalam rapat ini dihadiri oleh: Dr. M. Armelly, SE., M.Si (Dekan FEB), Dr. Fachruzzaman, SE., MDM., Ak., CA., Asean CPA., Cert.IPSAS (Wakil Dekan  Bidang akademik), Dr. Robinson, SE., M.Si., Ak (Wakil Dekan Bidang Sumber Daya), Dr. Dewi Rahmayanti, SE., MM (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan), Muhammad Napis, S.Pd., M.Pd (Kabag TU), Diddona Usroty Azja, S.Si (Subkoordinator pendidikan & Kemahasiswaan), Budi Utomo, S.Pd., M.Pd (Subkoordinator Umum), Prof. Dr. Kamaludin, SE., MM (Ketua MM), Drs. Handoko Hadiyanto, MS., Ph.D (Plt. Sekretaris PSDE), Prof. Dr.M. Muhartini Salim, SE., MM (Ketua PSDM), Isma Coryanata, SE., M.Si., Ak., CA (Koordinator Prodi Vokasi D3 Akuntansi), Dr. Irwansyah, SE., M.Si., Ak., CA (Plt. Ketua MAKSI), Dr.E. Lismawati Z, SE., M.Si., Ak., CA (Kajur Akuntansi), Dr. Dra. Purmini, M.Sc Plt. (Plt. Sek Prodi MET), Ratu Eva Febriani, SE., M.Sc (Sekjur EP), Dr. Bambang Agus Hermanto, SE., M.Sc (Kajur EP), Dr. Rina Suthia Hayu, SE., MM (Kajur Manajemen), Fike Wahyu Canra, S.Ikom (Staff TURTP), Oki Noprianto, S.Kom (Staff TURTP).

Saat rapat berjalan, nampak semua peserta khidmat. (foto by Hms_W)

Ibu Dekan FEB, Dr. M. Armelly mengatakan rapat ini sangat penting karena membahas Rencana Bisnis Anggaran (RBA) tahun ini, dan tahun 2024. Segala sesuatu akan berjalan dengan lancer apabila dijalankan sesuai dengan rencana yang disusun rapi, begitu juga dengan RBA ini, apabila digunakan dengan maksimal dan sesuai kebutuhan, maka akan sangat bermanfaat demi menunjang proses belajar mengajar yang ada di lingkungan FEB UNIB.

“RBA memang perlu direncanakan dengan matang, sehingga biaya tidak perlu dikeluarkan untuk sesuatu yang dianggap kurang penting karena meleset dari rancangan awal. Untuk itu kita adakan rapat pada hari ini dengan tujuan adanya presentasi dari wadek 2, supaya kita mengetahui dengan transparan berapa RBA tahun ini, dan bisa kita diskusikan kegunaan anggaran ini kedepannya” ujar Dekan FEB yang akrab disapa bu Armelly.

Bu Armelly berharap RBA tahun ini bisa diserap maksimal, dan berguna untuk jangka waktu yang panjang kedepannya. “memang ada beberapa biaya yang keluar secara kondisional, apabila ada kegiatan yang memang membutuhkan anggaran, maka jurusan ataupun Prodi yang ada selingkup FEB segera menyerahkan draft dan juga pengajuan agar segera ditindaklanjuti.” Ucapnya.

Selain itu, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Dr. Robinson, SE., M.Si., Ak dalam presentasinya menyampaikan RBA tahun 2023 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk itu Dr. Robinson mengharapkan kebijakan seluruh Prodi dan jurusan dalam menyerap RBA. “tahun ini RBA kita mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, apabila tahun sebelumnya kita mencapat 8 miliar rupiah, maka ditahun ini kita hanya dapat sekitar 7 miliar rupiah. Maka bapak ibu dari prodi harus bijak dalam menyerap anggaran kita yang semakin sedikit ini.” Terang Wadek 2.

Wadek 1 dan Wadek 2 FEB UNIB saat menjelaskan materi sesuai bidangnya. (foto by Hms_W)

Dalam forum rapat yang sama, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Fachruzzaman, SE., MDM., Ak., CA., Asean CPA., Cert.IPSAS kembali mengingatkan kepada penjabat di Prodi dan Jurusan terkait target yang harus dicapai demi mewujudkan FEB unggul dengan akreditasi Baik Sekali. “banyak factor yang harus kita maksimalkan, namun yang seringkali saya tekankan mengenai kategori wirausaha yang memiliki target 60%, dan FEB hanya bisa mencapai 4%, untuk itu dihimbau kepada program studi agar bisa mendata mahasiswa FEB yang telah lulus dan menjalankan usaha dengan minimal telah berjalan selama 6 bulan.” Himbau Wadek 2 yang akrab disapa Babe Heru ini. (Hms_W)