14 Juni 2023

Bengkulu- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu (FEB UNIB) Melakukan kegiatan kolaborasi pengabdian masyarakat dengan 2 Universitas dari Malaysia. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga jurusan di FEB UNIB, Jurusan Akuntansi, Jurusan Manajemen, Jurusan Ekonomi Pembangunan. Kolaborasi ini melibatkan sejumlah dosen, mahasiswa dan masyarakat, dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 12 juni- 14 Juni 2023.

Assoc. Prof. Ts. Dr. Muhammad Ashlyzan bin Razik dan Dr. Fachruzzaman, SE., MDM., Ak., CA., Asean CPA., Cert.IPSAS ketika menandatangani MoU. (foto by Hms_W)

Dekan FEB UNIB, Dr.M. Armelly, SE., M.Si menyampaikan bahwa kegiatan kolaborasi internasional ini menghadirkan narasumber yang merupakan Director UMK Centre for External Education (UMKCEE), sekaligus Praktisi Bisnis dan Dekan Universitas Malaysia Kelantan (UMK), Assoc. Prof. Ts. Dr. Muhammad Ashlyzan bin Razik dan Dosen senior di Universitas Malaysia Terengganu (UMT), sekaligus Praktisi Bisnis serta Pengembang Wilayah Pesisir Dr. Norlinda BT Mohd Rozar.

penandatanganan MoU antara FEB UNIB dengan UMK dan UMT. (foto by Hms_W)

“kita sengaja mengundang narasumber dari luar negeri, karena nantinya kita mengharapkan output yang berkelanjutan, sehingga kita benar-benar memilih narasumber yang memiliki kompetensi di bidang ini, terutama untuk pengembangan industri dan kemaritiman.” Ujarnya.

foto bersama masyarakat (foto by Hms_W)

Dr.M. Armelly menambahkan bahwa kegiatan kolaborasi internasional ini merupakan agenda yang membuktikan bahwa Tri Dharma Perguruan Tinggi sedang dijalankan dalam momentum kolaborasi ini. Sehingga kegiatan yang mengusung tema pengabdian masyarakat ini pun dilakukan di tiga wilayah yang berbeda, yaitu Kampung Malabero, Kampung Sejahtera di Kelurahan Sumber jaya, dan Komunitas Alam Laut Untuk Negeri (LATUN) di Kampung Jenggalu. “kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dimana puncaknya pada tanggal 14 Juni yang mengusung tema Training Enterpreneurship di Aula Dekanat FEB UNIB”. Jelasnya.

Dalam Training Enterpreneurship, Assoc. Prof. Ts. Dr. Muhammad Ashlyzan bin Razik atau yang biasa disapa Doktor Jang ini menyampaikan materi yang berkaitan dengan bisnisnnya di Malaysia. Sebagai informasi, Doktor Jang adalah owner dari Café Kopi Mesin di Malaysia, yang merupakan salah satu Gerai café populer di malaysia. Sehingga training ini diikuti dengan sangat antusias oleh peserta mahasiswa. Sebanyak 100 orang peserta mengikuti training tersebut, dan menyimak materi yang diberikan oleh narasumber dengan khidmat.

Doktor Jang ketika memberikan motivasi dan materi dalam Training Enterpreneurship. (foto by Hms_W)

“kalian ini merupakan generasi muda yang harus selalu memikirkan bagaimana saya akan bergerak dimasa yang akan datang. Saya dahulu sewaktu menjadi mahasiswa di usia 21 tahun, sudah memulai bisnis di perhotelan, namun bukan yang punya hotel, hanya sebagai Freelancer saja. Namun saya yakin kalian juga bisa melebihi kami yang sudah tua ini dalam berbisnis, yang penting tetap optimis bahwa kalian bisa melakukan sesuatu.” Ucap Doktor Jang sembari memberikan motivasi.

Pada kesempatan ini, beberapa dosen dari Jurusan Akuntansi dan Jurusan Manajemen FEB Unib juga diundang menjadi Narasumber oleh Centre for External Education Universitas Malaysia Klantan dan Faculty Pengajian Maritim University Malaysia Terengganu. Untuk berbagi pengalaman, pengetahuan mengenai gambaran UMKM di Indonesia dan tips agar UMKM dapat bertahan pada industri yang ditekuni. Kegiatan inipun dilakukan secara Online melalui aplikasi meeting online, dan berlangsung dengan diikuti oleh sejumlah mahasiswa serta praktisi akademisi maupun praktisi bisnis dari Malaysia. (Hms_W)