Tugas akhir merupakan salah satu bagian penting bagi mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan. Skripsi merupakan salah satu dari tugas akhir yang harus diselesaikan mahasiswa. Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Yang bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan tatanan penilsan yang baik. Penulisan skripsi dijadikan alat ukur kemampuan mahasiswa dalam memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya. Untuk menghindari kesalahan yang terjadi pada proses tersebut, perlu di buat suatu aturan yang menjelaskan langkah-langkah pelaksanaan proses tersebut. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah urutan langkah-langkah (atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan) yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang berisi cara melakukan yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan di mana pekerjaan tersebut dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya. SOP disusun agar menjadi panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan sesuai dengan aturan.

Menurut Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008, manfaat SOP secara umum bagi organisasi adalah:

  • Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
  • SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  • Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
  • Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  • Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
  • Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik.
  • Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
  • Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
  • Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.

Oleh karena itu dianggap penting bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu untuk membuat SOP yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu telah menghasilkan SOP sebagai berikut: