Masa pandemi Covid-19 berimbas negatif bagi perekonomian masyarakat Indonesia, termasuk di kalangan mahasiswa Universitas Bengkulu. Menurunnya aktivitas ekonomi ternyata berakibat langsung pada meningkatnya jumlah pengangguran di kalangan para orangtua mahasiswa, atau setidaknya terjadi penurunan pendapatan keluarga. Tentu saja, hal ini mendapat perhatian dari para petinggi universitas.

Sebagai bentuk kepedulian universitas bagi kegiatan belajar mengajar dan juga kepekaan akan kondisi ekonomi mahasiswa, maka Universitas Bengkulu mengeluarkan kebijakan keringanan pembayaran UKT untuk pembayaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 dan atau berlaku selama Pandemi Covid-19. Hal ini tertulis dalam Pengumuman Universitas Bengkulu Nomor 6212/UN30/PP/2020 tanggal 11 Mei 2020 yang kemudian diperbaharui dengan Pengumuman No 7218/UN30/PP/2020 tanggal 17 Juni dengan perihal yang sama.

Kebijakan universitas di atas berlaku untuk mahasiswa Universitas Bengkulu Program Sarjana mulai angkatan tahun 2013 s.d tahun 2019  dan mahasiswa Diploma mulai angkatan tahun 2015 s.d tahun 2019 yang terdampak pandemi Covid-19. Tentu saja terdapat persyaratan khusus bagi mahasiswa yang dapat mengajukan permohonan untuk menerima kebijakan ini. Beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi adalah adanya surat keterangan Pemutusan Hubungan Kerja dan adanya surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa mengenai pendapatan orangtua sebelum dan setelah terdampak pandemi Covid-19. Adapun keseluruhan persyaratan yang diperlukan dapat dilihat lebih detail pada pengumuman terlampir.

Kebijakan keringanan pembayaran UKT ini diperpanjang hingga 31 Juli 2020. bagi mahasiswa Universitas Bengkulu yang memerlukan, tentu saja bisa mengajukan permohonan. Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan kegiatan belajar mengajar di lingkungan Universitas Bengkulu tetap dapat berjalan sebagaimana pada masa sebelum pandemi. Semoga masa pandemi ini segera berakhir dan kita semua diberikan perlindungan dan kesehatan. Tetap semangat belajar menuntut ilmu bagi semua teman-teman mahasiswa!