Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) telah menetapkan status gawat darurat global untuk wabah virus corona. Dunia menjadi waspada akan wabah virus ini. Saat ini tercatat 58,5 juta orang di dunia positif Covid-19, dimana 498 ribu kasus terjadi di Indonesia. Tidak hanya waspada terhadap penyebaran penyakitnya saja akan tetapi juga waspada terhadap dampak yang mungkin terjadi terhadap perekonomian dunia.

Perekonomian Indonesia juga terkena dampak pandemi covid-19. Saat ini perekonomian Indonesia berada pada angka negatif. Hal ini disebabkan oleh terus meluasnya persebaran covid-19 baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu ikut bersimpati dengan keadaan ini. Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat (PPM), maka dilakukan kegiatan PPM berlokasi di Pasar Kaget Kelurahan Pematang Gubernur, Kota Bengkulu. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua LPPM, Bapak Dr. Ir. Hery Suhartoyo, M.Sc pada tanggal 19 Mei 2020.

Pelepasan Tim Pengabdian Dana PNBP UNIB Tahun 2020 Dalam Rangka Tanggap Covid-19
Pelepasan Tim Pengabdian Dana PNBP UNIB Dalam Rangka Tanggap Covid-19

Pemilihan Pasar Kaget Muara Bangkahulu bukanlah tanpa alasan. Pasar menjadi salah satu tempat yang tetap penuh kerumunan walaupun dalam masa pandemi seperti saat ini sehingga menjadi area paling berpeluang sebagai lokasi penyebaran Covid-19. Dengan demikian, kegiatan pengabdian pada masyarakat mengusung tema tanggap Covid-19 menjadi penting untuk dilakukan di sini.

Kegiatan PPM di Pasar Kaget ini dilakukan pada periode bulan Mei-Desember 2020. Kegiatan ini dilakukan lintas fakultas yang terdiri dari Esti Pasaribu, S.E., M.Ec.Dev dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Anandyawati, SP., M.Si dari Fakultas Pertanian, dan Panut Setiono dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Bukan hanya dosen, mahasiswa masing-masing fakultas juga terlibat secara aktif dalam kegiatan ini.

Full Tim Pengabdian pada Masyarakat, terdiri dari Dosen dan Mahasiswa FEB, Faperta, dan FKIP UNIB

 Kegiatan juga melibatkan 149 orang pedagang Pasar Kaget sebagai sasaran pelaksanaan kegiatan. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah pemasangan spanduk dan poster berisi ajakan pola hidup bersih, pemasangan tempat cuci tangan, pembagian masker dan hand sanitizer, serta orasi keliling untuk mengingatkan lingkungan pasar untuk selalu menggunakan masker, hand sanitizer, dan mencuci tangan secara rutin.

Orasi ajakan hidup bersih dan menggunakan protokol kesehatan
Mahasiswa UNIB saat membagikan masker kepada salah satu konsumen di Pasar Kaget Muara Bangkahulu

Sejauh ini sudah 450 lembar masker dan 300 botol hand sanitizer yang dibagikan kepada pegadang pasar. Selain itu tim PPM secara periodik juga melakukan orasi menggunakan TOA berkeliling pasar untuk senantiasa mengingatkan pedagang dan konsumen pasar untuk senantiasa berperilaku hidup bersih dan menerapkan protokol kesehatan.

Proses pengepakan masker dan hand sanitizer
Pedagang pun aktif ikut memasang spanduk dan poster di Pasar Kaget Muara Bangkahulu

Covid-19 masih ada dan kita masih tetap berjuang meminimalisir penyebaran Covid-19. Sehubungan dengan mulai berlakunya Era New normal dimana masyarakat mulai beraktifitas seperti biasa, harapannya kegiatan PPM yang dilakukan oleh tim PPM ini memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat Kota Bengkulu.

Bersama kita bisa!

Tempat cuci tangan yang disediakan oleh Tim Pengabdian pada Masyarakat