Management

Selamat datang di Program Studi Manajemen (PSM) FEB-UNIB. Program Studi Manajemen (PSM) mulai didirikan pada tanggal 8 Desember 1983 berdasarkan SK MENDIKBUD No. 0542/0/1983 dan dimulainya penyelenggaraan Program Studi Manajemen adalah pada tanggal 17 Agustus 1982. Pengembangan PSM sejak berdiri tahun 1983 hingga 2011 selaras dengan visi, misi, dan tujuan program studi Manajemen. Visi yang jelas sangatlah penting dalam menjalankan setiap organisasi. Visi, misi, dan tujuan program studi manajemen disusun berdasarkan kebutuhan dan ekspektasi stakeholder terhadap Program Studi Manajemen sebagai institusi pendidikan yang menjadi teladan dan motor penggerak dalam membentuk lulusan yang berakhlak, profesional, berwawasan holistik, dan rasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, program studi Manajemen terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada dosen, karyawan, mahasiswa, dan stakeholder lainnya dengan tujuan untuk menggali nilai-nilai, semangat, aspirasi, dan budaya yang hendak dimasukkan dalam perumusan visi, misi, dan tujuan program studi Manajemen.

Melalui penyediaan infrastruktur pendidikan yang memadai, kualitas dosen pengajar yang berkompetensi di bidang Manajemen, kurikulum yang inovatif, budaya belajar-mengajar yang positif dan jaringan kerjasama nasional-internasional, kami memiliki harapan cukup besar untuk menghasilkan sarjana-sarjana Manajemen bisnis dengan mutu bersaing secara nasional maupun internasional. Pada tanggal 3 Agustus 2013 Jurusan Manajemen FEB-UNIB telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A berdasarkan. Semoga melalui sebuah prodi Manajemen FEB UNIB yang kami kelola dengan serius ini mampu memberikan kontribusi berarti dalam proses mencerdaskan kehidupan bangsa.

Visi Jurusan Manajemen

Dengan mempertimbangkan pencapaian-pencapaian yang berhasil diraih dalam 5 tahun terakhir, Prodi Sarjana Manajemen menetapkan rumusan visi yang harus dicapai dalam 5 tahun kedepan yakni pada tahun 2022 sebagai berikut:

” Menjadi salah satu Program Studi Manajemen terkemuka di kawasan ASEAN pada tahun 2022″

Misi Jurusan Manajemen

Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang mampu mengantisipasi kebutuhan stakeholders di tingkat nasional dan ASEAN, maka misi Program Studi Manajemen FEB UNIB adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Program Akademik yang relevan dengan kebutuhan Stakeholders di ASEAN.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan Pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kebutuhan lingkungan Manajemen dan bisnis di ASEAN.
  3. Membangun Institutional Networking dengan Stakeholders di kawasan ASEAN.
  4. Membangun suasana akademik yang harmonis dan kondusif untuk mencapai PSM yang terkemuka di kawasan ASEAN.Konsepsi Visi dan Misi tersebut kemudian dijabarkan dalam tujuan pembelajaran prodi Manajemen yakni:
  5. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang mampu mengantisipasi kebutuhan stakeholders di tingkat ASEAN.
  6. Mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan stakeholders di ASEAN.
  7. Meningkatkan kuantitas dan kualitas program akademik yang relevan dengan kebutuhan stakeholders di ASEAN.
  8. Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi yang berorientasi internasional.
  9. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat yang berbasis manajemen dan bisnis.
  10. Meningkatkan Institutional Networking untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  11. Meningkatkan daya serap lulusan oleh stakeholders.
  12. Meningkatkan kapabilitas berwirausaha lulusan sesuai dengan kebutuhan stakeholders.
  13. Menciptakan peluang usaha lulusan
  14. Menciptakan iklim akademik yang kondusif antar dosen, karyawan dan mahasiswa.
  15. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian dosen.
  16. Meningkatkan budaya kegiatan ilmiah, penelitian dan publikasi bagi civitas akademika.