3 September 2020 – Sekitar 50 mahasiswa Universitas Negeri Bengkulu mengikuti kegiatan seminar secara online dengan pembicara tamu Aulia Akbar, edukator Finansial dari Lifepal.co.id. Pada webinar tersebut, Pak Akbar berbagi tips bekal nyata untuk teman-teman mahasiswa dalam memulai perencanaan keuangan pribadi mereka agar dapat mencapai kebebasan finansial saat sudah lebih tua nanti.

Sebelum membahas lebih lanjut seputar cara menggapai merdeka finansial, mari kita kenali dulu tahapan-tahapan mencapai kemerdekaan finansial tersebut:

Fase stabilitas

Fase stabilitas menandai masa di mana keuangan seseorang sudah mulai stabil. Di fase ini, seseorang mulai menerima penghasilan yang lebih tinggi dari kebutuhan bulanannya. Orang yang ada di fase ini cenderung sudah bisa menabung dengan dana yang lebih banyak, hingga memiliki asuransi kesehatan, serta memiliki dana darurat dalam jumlah yang cukup.

Fase aman

Mereka yang ada di fase ini telah memiliki investasi yang sanggup menghasilkan penghasilan pasif setara dengan pengeluaran kebutuhan pokok mereka. Investasi itu tentunya bisa berupa saham, reksa dana, obligasi, deposito, atau instrumen keuangan lainnya.

Fase merdeka finansial

Secara definisi, merdeka finansial diartikan sebagai sebuah situasi kondisi di mana seseorang terbebas dari segala utang, memiliki penghasilan pasif yang bisa mencukupi kebutuhan hidup, dan selalu terlindungi secara finansial dari seluruh risiko.

Cara Millennial Menggapai Kemerdekaan Finansial

“Tujuan hidup boleh banyak, namun hanya sebagian dari kita yang bisa mencapainya karena bisa menentukan prioritas. Maka dari itu, belajarlah menentukan prioritas tujuan hidup yang sesuai keinginan dan tetapkan perencanaan keuangan yang sesuai,” ujar Aulia Akbar kepada mahasiswa UNIB dalam webinar. “Walau masih kuliah, uang jajan dari orang tua atau hasil kerja sampingan sudah bisa mulai ditabung dengan benar. Jangan lupa juga perhatikan inflasi ya. Rumus mudahnya, cari tabungan yang lebih tinggi dari tingkat inflasi di Indonesia sendiri,” tambahnya.

Berikut tiga cara yang bisa dimulai untuk menggapai merdeka finansial:

  1. Ketahui cara dan rajin cek kesehatan finansial

Berikut ini rumus kesehatan finansial dari Lifepal.co.id yang disampaikan Aulia Akbar:

Tabel Cek Kesehatan

 

2. Tentukan tujuan hidup dengan metode SMART

Dalam menentukan tujuan-tujuan hidup kita, baik jangka pendek maupun panjang. Biasakan untuk menerapkan strategi SMART. SMART merupakan singkatan dari Specific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (bisa dicapai), Relevant (relevan), dan Timebound atau bisa diukur pencapaiannya dalam waktu.

Contoh tujuan SMART tersebut bisa dilihat di tabel berikut:

Tabel SMART

 

3. Jangan sepelekan bunga bergulung

Jangan pernah sepelekan fitur compounded interest atau bunga bergulung seperti yang ada instrumen deposito. Bunga bergulung adalah bunga yang akan kembali berbunga dari pokok dana yang dipinjam atau diinvestasikan. Bunga dari hasil compounding bisa didapat ketika uang yang kamu hasilkan dari investasi mulai menghasilkan keuntungan lagi ketika diinvestasikan kembali.

“Merdeka finansial itu memang tidak mudah dicapai, tapi bukan tidak mungkin kita bisa mencapainya. Masa-masa kuliah merupakan masa yang paling berharga bagi seseorang. Jika seseorang sudah bisa disiplin merencanakan keuangan di masa ini, maka di masa tua dia bisa lebih mudah mencapai kemerdekaan finansial,” tutup Aulia Akbar.