Berita, HIMEP News

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEP) Selenggarakan Kompetisi Debat Ekonomi Mahasiswa se-Universitas Bengkulu

Debat adalah suatu kegiatan adu argumen antara dua pihak atau lebih, baik itu secara perorangan ataupun kelompok, dalam mendiskusikan atau memutuskan suatu masalah dan perbedaan. Sedangkan kompetisi debat adalah debat dalam bentuk permainan yang biasa dilakukan di tingkat sekolah dan universitas. Dalam hal ini, debat dilakukan sebagai pertandingan dengan aturan (format) yang jelas dan ketat antara dua pihak yang masing-masing mendukung dan menentang sebuah pernyataan. Debat disaksikan oleh satu atau beberapa orang juri yang ditunjuk untuk menentukan pemenang dari sebuah kompetisi debat.

Kompetisi debat ekonomi yang diadakan oleh HIMEP sebagai salah satu kegiatan dalam rangka memperingati dies natalis HIMEP merupakan kompetisi debat yang hanya akan fokus untuk membahas permasalahan-permasalahan ekonomi saja. Bukan hanya sekedar berdebat kusir, akan tetapi debat ekonomi ini secara langsung akan memberikan dampak positif baik itu kepada peserta maupun penonton yang menyaksikan jalannya kompetisi debat ekonomi ini, mulai dari memantapkan pemahaman konsep tentang ekonomi, berlatih dalam mengemukakan pendapat dan mematahkan pendapat lawan, berpikir kritis terhadap teori-teori yang telah disampaikan, hingga meningkatkan kemampuan merespon terhadap suatu masalah yang dikenal dengan istilah rebuttal.

Dalam pelaksanaan kompetisi debat ekonomi tahun ini, HIMEP selaku panitia penyelenggara menggunakan sistem yang sangat menarik, bukan sistem australiaan, asian, ataupun american, melainkan modifikasi dari sistem tersebut yang membuat pelaksanaan debat menjadi sangat menarik. Jurinya pun merupakan dosen-dosen pilihan yang telah di seleksi oleh Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan yang tidak hanya expert dalam ekonomi, tetapi juga debat tentunya. Untuk tahun ini tim yang mendaftar pun adalah tim-tim terbaik yang tidak hanya berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, melainkan juga ada yang berasal dari Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, P3M (UKM Universitas Bengkulu), dan HMI Komfe (organisasi eksternal ).

Untuk pemenang kompetisi Debat Ekonomi HIMEP 2017 adalah

  1. Juara 1              Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL)
  2. Juara 2             Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengembangan, Penelitian, dan Penalaran Mahasiswa (P3M)
  3. Juara 3             Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Komfe)
  4. Harapan 1        Jurusan Ekonomi Pembangunan 2015 C

 

Comments are closed.