Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dilantik

 

PROFESOR Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D, Senin siang pukul 14.00 WIB (18/11), resmi dilantik sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bengkulu. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dihelat di hall rektorat Unib, dipimpin langsung oleh Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc.

Hadir pada acara itu antara lain, para wakil rektor, para dekan, para kepala biro, para kepala bagian, dosen, dan kepala unit-uni kerja selingkung Universitas Bengkulu. Hadir juga istri, anak dan para kolega Prof. Lizar Alfansi. Dan secara umum acara tersebut berjalan tertib dan lancar.

Prof. Lizar Alfansi merupakan calon dekan peraih suara terbanyak pada Rapat Pemilihan Dekan yang diselenggarakan Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis tanggal 1 Oktober 2013 lalu.

Pria kelahiran Muara Enim pada 1 Juni 1964 itu dilantik sebagai Dekan FEB definitif pergantian antar waktu, setelah jabatan itu mengalami kekosongan pasca dekan lama Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc terpilih dan dilantik sebagai Rektor Unib. Masa jabatan dekan periode ini hingga 12 Februari 2016.

Dalam sambutannya, Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi mengucapkan selamat atas dilantiknya Prof. Lizar Alfansi sebagai Dekan FEB definitif. Ia juga berterima kasih kepada Plt. Dekan FEB Dr. Fachrudin J.S Pareke dan kepada Senat FEB yang telah sukses menyelenggarakan proses pemilihan dekan.

Kepada Prof. Lizar Alfansi, rektor mengimbau agar secepatnya menyesuaikan diri dengan jabatan baru, kemudian diharapkan dapat menjaga serta mempertahankan prestasi serta pristise yang sudah digapai FEB selama ini, dan selalu menciptakan serta mengembangkan ide-ide atau gagasan sehingga FEB ke depan dapat semakin maju.

“Jargon FEB Transforming in harmony yang didasari pada rule, stop complain, optimis,empaty, dan hamble, yang sudah dijalankan selama ini sangat bagus dan hendaknya terus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar rektor.

Kemudian kata Dr. Ridwan, selama ini FEB merupakan fakultas paling banyak program studi terakreditasi dengan nilai A. Ke depan hasil akreditasi itu diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

“Dan satu lagi, pada masa Saya dulu masih ada satu program yang belum terwujud yaitu penambahan jumlah profesor (guru besar) FEB minimal dua orang dalam waktu dekat. Nah, ke depan kita berharap program itu terus dilakukan sehingga penambahan jumlah profesor di FEB segera terwujud,” tukas Rektor.

Acara pelantikan itu diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada Dekan FEB yang baru Prof. Lizar Alfansi didampingi istri. Pemberian selamat itu diawali rektor, para wakil rektor, para kepala biro, dan dilanjutkan seluruh undanga.

Lizar Alfansi adalah putra Bapak H. Gozali Jemat dan Almarhumah Hj. Saniah Mastihar. Ia mengenyam pendidikan formal mulai dari jenjang TK, SD hingga SMP di Kota Curup, Rejang Lebong dan menamatkan SMA di SMAN 2 Kota Bengkulu. Selanjutnya melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi (Manajemen) di Universitas Bengkulu, lulus tahun 1988.

Lizar Alfansi mengawali karier sebagai dosen PNS pada tahun 1989. Dan setahun kemudian Ia melanjutkan studi S2 di University of Central Arkansas – USA berkat memperoleh beasiswa dari pemerintah.

Pada tahun 1996, Lizar melanjutkan studi S3 di School of Business and Economis, Exeter University, England dengan beasiswa dari ADB yang berhasil diperolehnya setelah mengungguli dosen se Sumatera.

Di Inggris, dia meraih The Best Academic Working Paper Award atas karya yang disampaikan dalam The Academy of Marketing Conference tahun 1998 di Sheffiled, England. Dia tercatat sebagai orang asing pertama di Eropa yang meraih award tersebut.

Prof. Lizar Alfansi dikukuhkan sebagai profesor pada 2010 dan sejak 2008 hingga sekarang Ia menjabat sebagai Ketua Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Fakultas Ekonomidan Bisnis Unib.

Tags:, ,