Bakti Sosial Mahasiswa (BSM) oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Pengabdian sejatinya tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa sebagai implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian juga bertujuan untuk menyadarkan bahwa ‘status’ mahasiswa pada dasarnya bukan sekedar belajar di kampus lalu pulang, melainkan mahasiswa sebagai Agent of Change yang memiliki pemikiran-pemikiran luar biasa untuk mengubah lingkungan sekitarnya.

Bakti Sosial Mahasiswa (BSM) yang diadakan Jurusan Ekonomi Pembangunan setiap tahunnya merupakan kegiatan sosial yang bertujuan untuk mendidik mahasiswanya agar lebih aware dengan kondisi lingkungan khususnya desa yang masuk ke dalam klasifikasi terpencil. Setiap tahunnya akan selalu diadakan BSM dengan desa yang berbeda-beda yang berlokasi di Provinsi Bengkulu. Program kerja yang dilakukan pun akan selalu berbeda setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam di desa yang telah ditentukan dan no gadget sehingga mahasiswa secara langsung akan berbaur dengan masyarakat dan diharapkan akan mendapatkan pelajaran hidup berharga.

BSM tahun 2015 dilaksanakan di Desa Taba Padang, Kabupaten Kepahiang dengan kegiatan utama, yaitu pembuatan nomor rumah dan pembuatan batas desa. Hal ini merupakan salah satu jawaban dari berbagai masalah yang dialami oleh Desa Taba Padang yang bertujuan untuk memperjelas batas desa dan informasi nomor rumah sehingga dapat memudahkan masyarakat sekitar (khususnya aparatur desa) dalam melakukan pendataan tentang warga desanya.

Kegiatan-kegiatan lainnya adalah mengajar di SD setempat, gotong royong membersihkan jalan desa, dan tak lupa pula melakukan beberapa games untuk menghibur masyarakat desa yang berpusat di Balai Desa Taba Padang.

           Salah satu kegiatan utama ‘Pembuatan Batas Desa’