Bengkulu, 17 Agustus 2020 – Di masa pandemi covid-19, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia (HUT RI) tetap dirayakan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu (FEB UNIB). Jika biasanya dilakukan upacara 17 Agustus di lapangan rektorat, kali ini peringatan HUT RI dilaksanakan secara daring sesuai panduan protokol kesehatan.

Kegiatan ini diselenggarakan atas inisiatif Dekanat FEB UNIB untuk tetap ikut memeriahkan semangat kemerdekaan walaupun tidak dengan seremoni biasanya. Masa pandemi memang belum jelas kapan berakhir, tetapi euforia kemerdekaan itu sendiri terlalu sayang jika dilewatkan. Civitas akademika di lingkungan FEB akhirnya sepakat melakukan peringatan HUT RI ala FEB UNIB dengan menggunakan aplikasi zoom.

Kegiatan ini diikuti oleh 66 orang peserta selingkung FEB UNIB, baik Dekan FEB; Dr. Retno A. Ekaputri, S.E., M.Sc, Wakil Dekan Bidang Akademik; Prof. Dr. Kamaludin, S.E., M.M, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya; Yefriza, S.E., MPPM, Ph.D, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan; Dr. Fachruzzaman, S.E., MDM.Ak, dosen-dosen FEB UNIB, dan mahasiswa-mahasiswi FEB UNIB baik program S-1, S-2, maupun S-3.

Para dosen FEB UNIB juga antusias mengikuti kegiatan

Kegiatan ini dibuka langsung dengan pembukaan oleh Dekan. Tepat pukul 10.17 WIB peserta HUT RI kemudian secara serentak mengheningkan cipta selama tiga menit dipimpin oleh Ketua Senat FEB UNIB, Dr. Robinson, CA. Selanjutnya seluruh peserta juga kompak bersama-sama menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Walaupun seremoni ini dilakukan terpisah di rumah masing-masing, suasana sakral tetap terasa dengan penuh rasa hormat.

Mengusung tema Transforming in Harmony, civitas akademika FEB UNIB kompak mengganti foto profil media sosial dengan template yang sama, berbau merah putih. Kemeriahan mencapai puncaknya pada saat pembagian doorprize bagi peserta. Doorprize ini merupakan kejutan kecil yang menyenangkan dari Dekan FEB UNIB, Dr. Retno A. Ekaputri, S.E., M.Sc sejumlah 11 doorprize; Ketua Program Doktor Ilmu Manajemen (DIM), Prof. Dr. Kamaludin, S.E., M.M sejumlah 5 doorprize; dan Sekretaris Program Magister Ekonomi Terapan (MET), Dr. Dra. Purmini, M.Sc  juga sebanyak 5 doorprize. Ke-22 doorprize yang tersedia berhasil dimenangkan hanya oleh kalangan mahasiswa FEB UNIB, baik program S-1, S-2, maupun S-3.

Tangkapan layar peserta Peringatan HUT RI FEB UNIB

Sebagai rangkaian terakhir acara ini adalah pembacaan doa yang dibawakan oleh Ketua FKSI FEB UNIB, Sufritawan. Doa ini juga sebagai penutup kegiatan secara resmi. Secara umum, kegiatan telah terselenggara dengan baik. Menjadi host dalam kegiatan ini adalah Dr. Fachruzzaman, S.E., MDM.Ak.

Acara peringatan HUT RI yang sederhana namun manis ini akan menjadi kenangan kita bersama, bagaimana dalam situasi apapun, kehidupan tetap harus berjalan senormal mungkin. Mengulang pesan dari Dekan kita tercinta, “Tetaplah jaga kekompakan, jaga kebersamaan, dan patuhi protokol keselamatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.”

Bahwa bangsa kita lahir dari perjuangan segenap masyarakatnya, menjadi patokan bagaimana kita juga harus bersikap di masa kini. Mari kita juga bersama-sama berjuang di masa pandemi ini, untuk tetap memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia. Sungguh kalimat yang indah, transforming in harmony.

Selamat 75 tahun, Indonesia. Merdeka!

 

(Esti Pasaribu)